Kamis, 16 Desember 2010

Membuat Banner Header dengan CORELDRAW

Dalam membuat banner, yang paling utama adalah menentukan ukuran, agar sesuai dengan blog yang kita gunakan. Saya akan mencoba membuat banner dengan ukuran 973×130 pixel, ini ukuran sesuai template blog yang saya gunakan. Untuk ukuran banner header blog anda, dapat dilihat di Layout-> edit html, cari di bawah kode –header–
Nah, saya akan mempraktekkan cara pembuatan banner header dengan corel draw, yang gambar jadinya sudah saya postingkan sebelumnya.
Yang pertama, buka software Corel Draw di komputer kesayangan anda,
Klik menu File -> new , ukuran kertas bebas, hanya yang perlu dilakukan pertama kali, ubah drawing unit dari default milimeter ke pixel (lihat gambar)

Kemudian buatlah sebuah kotak, ukuran bebas, menggunakan Rectangle tool (berada di barisan toolbar sebelah kiri, lihat gambar)

Klik/seleksi gambar kotak, lalu ubahlah ukuran menjadi 973×130 pixel (lihat gambar)

Kemudian beri warna gradasi pada kotak dengan menggunakan toolbar Fountain Fill (lihat gambar), jangan lupa pilih warna dan rubah angle menjadi 90 atau -90.

Setelah kotak diwarna gradasi, duplikat kotak tersebut dengan menyeleksi kotak dan klik menu Edit -> duplicate (bisa juga dengan shortcut ctrl+D) .Rubah ukuran kotak yang kedua menjadi lebih kecil dan tempatkan di tengah-tengah kotak pertama. Agar tepat di tengah-tengah, seleksi dua kotak tersebut lalu tekan huruf C dan E di keyboard(untuk menyeleksi bisa dengan klik shift klik, bisa juga dengan seleksi drag kedua gambar kotak)

Baliklah kotak kedua dengan sudut 180 derajat, atau bisa juga dengan menyeleksi kotak kedua lalu klik tool Mirror Vertically (lihat gambar)

Buat ujung kotak agak gilik dengan menggunakan tool bar Shape Tool (lihat gambar) klik aja pada ujung kotak, lalu klik dan drag ke kanan atau kiri. Jangan lupa hilangkan garis luar kotak dengan menyeleksi kotak dan meng klik kanan “tanda silang” di toolbar warna (berada di sebelah kiri, lihat gambar)

Ketik tulisan nama blog kamu dengan menggunakan Text Tool (berada di sebelah kiri,dengan simbol huruf A). Atur ukuran, letak, dan warna dengan pengaturan tool bar yang berada di atas layar.

Duplikat tulisan nama blog, beri warna abu-abu, lalu baliklah dengan Mirror Vertically

Buat duplikat tulisan blog agar tampak seperti bayangan atau transparan. Cari toolbar Interactive Transparancy Tool, berada di sebelah kiri, bila tidak muncul, tekan lama pada gambar tool bar hingga muncul beberapa tool bar yang lain (semacam sub menu). Kemudian klik duplikat tulisan dan drag dengan menggunakan Interactive Transparancy Tool (lihat gambar)

Buat lingkaran dengan Ellipse Tool (simbol lingkaran) jangan lupa untuk membuat lingkaran yang simetris dengan menekan tombol shift di keyboard pada waktu klik dan drag. Beri warna dengan Fountain Fill, ubah tipe warna radial (lihat gambar). Ubah warna outline menjadi putih dengan klik lingkaran lalu klik kanan pada warna tool bar di sebelah kanan, sesuai warna yang diinginkan.

Kemudian buat lingkaran elips kecil warna putih tanpa outline, lalu berikan efek transparan dengan Interactive Transparancy Tool (lihat gambar)

Beri shadow pada lingkaran, dengan Interactive Drop Shadow Tool (berada satu sub menu dengan Interactive Transparancy Tool). Untuk membuat bayangan, klik lingkaran dengan Interactive Drop Shadow Tool, lalu drag ke kanan bawah, lihat hasilnya

Beri inisial huruf di dalam lingkaran

Setelah jadi, ketiklah diskripsi blog di sebelah kanan, rata kanan (lihat gambar)

Buat elips dengan Ellipse Tool, kira-kira ukuran seperti gambar

Seleksilah gambar elips besar dan kotak paling bawah (klik shift klik) lalu klik tool “intersect” (berada di bagian atas, lihat gambar). Tool intersect akan muncul bila ada 2 buah gambar yang diseleksi, bila belum muncul berarti belum terseleksi dengan benar.

Maka akan muncul gambar perpotongan antara elips dan kotak. seleksi gambar perpotongan, beri warna putih, taruh di paling atas (melalui menu Arrange -> Order -> To Front, atau dengan shortcut keyboard shift+PageUp. Beri efek transparan dengan Interactive Transparancy Tool

Bila sudah jadi, seleksi semua gambar lalu di group (bisa lewat menu Arrange -> Group, atau klik toolbar group di bagian atas layar). Kemudian export file, dengan cara klik menu File -> Export (bisa juga dengan menekan Ctrl+E). Pada kotak export pilih save as type menjadi JPG dan centang selected only (lihat gambar)

Setelah klik export, akan muncul konfirmasi convert to bitmap, pastikan image size sesuai ukuran gambar, misal 973 dan 130 (lihat gambar)

Nah, sekarang banner header kamu dah jadi

Gampang kan? Anda tidak harus menjadi designer dulu untuk membuatnya, cukup ikuti langkah step by step di atas (mohon maaf bagi yang sudah mahir,sengaja saya buat step by step agar bagi pemula bisa mempraktekkannya).
Untuk memasukkan gambar ke blog, masuk saja ke Dashboard -> Layout -> edit header, uploadlah file gambar anda tadi.- RENY EKA HADIYANTI-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar